VISITASI AKREDITASI MA’HAD ALY SUMATERA THAWALIB PARABEK BUKITTINGGI

Kementrian Agama Republik Indonesia melaksanakan Visitasi/Kunjungan ke Ma’had Aly Sumatera Thawalib Parabek Bukittinggi pada tanggal 28-09-2017 di ruangan Pimpinan Pondok.

Visitasi adalah kunjungan tim asesor ke Instansi Pendidikan dalam rangka pengamatan lapangan, wawancara dengan warga Instansi Pendidikan, verifikasi data pendukung, serta pendalaman hal-hal khusus yang berkaitan dengan komponen dan aspek akreditasi. Visitasi ini bertujuan untuk meningkatkan keabsahan dan kesesuaian data/informasi, memperoleh data/informasi yang akurat dan valid untuk menetapkan peringkat akreditasi, memperoleh informasi tambahan (pengamatan, wawancara, dan pencermatan data pendukung), dan  mendukung pengambilan keputusan yang tepat dan tidak merugikan pihak manapun, dengan berpegang pada prinsip-prinsip: obyektif, efektif, efisien, dan mandiri.

Pada pertemuan tersebut Bapak Saptono, S.Pd.I selaku Tim Asesor dari Kementrian Agama Republik Indonesia bersama Civitas Akademik Ma’had Aly Sumatera Thawalib Parabek Bukittinggi melakukan kunjungan ke lapangan, hal ini dilakukan bertujuan untuk melakukan klarifikasi, verifikasi dan validasi atau cek-ulang terhadap data dan informasi kuantitatif maupun kualitatif. Kegiatan klarifikasi, verifikasi dan validasi dilakukan dengan cara membandingkan data dan informasi tersebut dengan kondisi nyata Ma’had Aly Sumatera Thawalib Parabek Bukittinggi melalui pengamatan lapangan, observasi kelas, wawancara.

Alhamdulillah kegiatan tersebut berjalan dengan lancar, semoga proses akreditasi Ma’had Aly Sumatera Thawalib Parabek Bukittinggi ini Allah ‘Azza wa Jalla berikan kemudahan. Aamiin ya Rabbal ‘Alamiin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*